Selasa, 01 Desember 2015

Adil

Adil adalah karakter seseorang yang tidak berpihak kepada orang yang salah atau membagi rata kepada individu A dan individu B tanpa memihak ke salah satu individu. Seseorang yang memiliki sifat adil adalah seseorang yang disukai oleh Allah SWT, karena Adil merupakan salah satu Akhlak yang terpuji. Dapat disimpulkan bahwa adil ialah memberikan hak kepada yang berhak tanpa membeda-bedakan antara orang-orang yang berhak itu, dan melakukan tidandakan-tindakan kepada orang yang salah sesuai dengan apa yang ia perbuat tanpa melakukan sifat pilih kasih.
Sesuai dengan firman Allah SWT “dan jika kamu memutuskan perkara mereka, maka putuskanlah perkara itu diantara mereka dengan adil. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang adil” (QS Al-Maidah:42)
Maka Adil adalah sifat yang diwajibkan oleh Allah kepada setiap individu, apa yang telah diputuskan dalam perkara mereka haruslah adil jika tidak adil maka akan dipertanggungjawabkan suatu saat nanti di akhirat. Tersadar bahwa manusia makhluk yang tidak sempurna makhluk yang tidak bisa adil tapi belajarlah untuk berperilaku adil J

Sekian dan terimakasih 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar