Senin, 14 Desember 2015

China Smog

Pengertian Pencemaran udara
Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti. Pencemaran udara dapat ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia. Beberapa definisi gangguan fisik seperti polusi suara, panas, radiasi atau polusi cahaya dianggap sebagai polusi udara. Sifat alami udara mengakibatkan dampak pencemaran udara dapat bersifat langsung dan lokal, regional, maupun global. 
Pencemaran udara di dalam ruangan dapat mempengaruhi kesehatan manusia sama buruknya dengan pencemaran udara di ruang terbuka.
Terjadinya Smog di China
Ibukota Cina, Beijing tersedak asap kabut atau smog terparah tahun ini. Kadar cemarannya melebihi 500 mikrogramm partikel halus per meter kubik udara dan termasuk  Top 10 Countries That Emit The Most Pollution. Warga tidak bisa keluar rumah tanpa mengenakan masker penutup hidung. Sebuah studi mengungkapkan bahwa polusi udara mampu menewaskan 4.000 orang di China setiap harinya, dan menjadi salah satu faktor dari enam penyebab kematian dini di negeri yang berpopulasi terbanyak di dunia ini. Dikutip dari The Guardian, pakar Fisika di Universitas California di Berkeley, AS, mengkalkulasikan bahwa sekitar 1,6 juta orang di China meninggal setiap tahunnya akibat masalah jantung, paru-paru dan struk yang disebabkan oleh polusi udara, terutama asap partikel kecil. Studi yang dipublikasikan di jurnal PLOS One tersebut menyatakan emisi dari pembakaran batu bara yang digunakan sebagai sumber pembangkit listrik dan pemanas rumah sebagai faktor terbesar dari polusi udara. Studi ini menggunakan pengukuran udara nyata dan perhitungan berbagai jenis polutan yang dapat menyebabkan kerusakan jantung dan paru-paru, serta mengakibatkan storke dan kematian. Robert Rohde, peneliti utama studi tersebut, menyatakan sebanyak 38 persen populasi China tinggal di daerah dengan udara yang dikategorikan "tidak sehat" oleh Biro Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat. Ini angka yang sangat besar. Rasanya sangat sulit memahami besarnya angka ini. Daerah yang paling parah itu salah satunya di barat daya Beijing-Rohde. China memiliki kandungan asap partikel kecil yang lebih tinggi dari Madera tiap tahunnya. Dengan kata lain, hampir semua orang di China menghirup udara yang lebih parah polusi udara di China terparah saat musim dingin karena pembakaran batu bara untuk penghangatan. Selain itu, kondisi cuaca musim dingin juga mengakibatkan udara kotor lebih dekat dengan tanah.
Kebijakan untuk pencemaran udara

Ketika China membersihkan udaranya dengan cara membatasi pembakaran batu bara, maka emisi karbon dioksida akan semakin akan berkurang. Carlos Dora, koordinator kesehatan lingkungan WHO mengatakan, pemerintah harus mulai mengubah kebijakan. Seperti misalnya kebijakan dalam bidang transportasi. Di Perancis polusi udara menyebabkan pemerintah menetapkan pembatasan pemakaian mobil dan untuk sementara menghapus biaya transportasi publik di Paris. Menurut Dora, seharusnya aksi ini diteruskan untuk jangka panjang.

DAFTAR PUSTAKA
1.      http://www.dw.com/id/jika-kota-kehilangan-udara/a-17458419
2.      http://www.dw.com/id/polusi-udara-tewaskan-7-juta-orang/a-17518785
3.      http://www.cnnindonesia.com/internasional/20150814143109-113-72196/riset-polusi-udara-di-china-tewaskan-4000-orang-setiap-hari/
4.      https://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran_udara#cite_note
5.      https://www.youtube.com/watch?feature=youtu.be&v=AAe1ALHcS7Y&app=desktop
6.      https://www.youtube.com/watch?v=S27ycsxUtRM&feature=youtu.be&app=desktop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar